Berat Badan Siapapun yang memiliki masalah berat badan tentu sudah tidak asing dengan istilah diet. Diet adalah “pengaturan pola makan”, yang berarti organisasi diet kita menjadi lebih baik dengan mengonsumsi makanan sehat. Tapi kebanyakan orang menafsirkan sebagai pengurangan porsi makan dan menahan lapar, dengan tujuan  untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya, jika Anda mengurangi makan hanya 1-2 kali sehari dengan porsi kecil, Apakah Anda tahu apa yang terjadi dalam tubuh anda?

Jika Anda mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil, tubuh Anda akan cepat merasa lelah, hal ini disebabkan oleh proses metabolisme dalam tubuh melambat. Anda harus tahu bahwa dengan mengurangi porsi makanan ini  dapat berakibat fatal, karena 50 % lemak  dan 50% dari otot Anda akan berkurang. Hal ini terjadi karena lemak tubuh merupakan cadangan makanan untuk bertahan hidup, yang disimpan oleh tubuh. Ketika tubuh kita lapar, tubuh Anda akan dihadapkan pada pilihan untuk membakar lemak atau otot.

Ini adalah kebiasaan makan yang buruk. Langkah pertama yang perlu Anda ketahui untuk menurunkan berat badan adalah untuk membakar lemak tubuh Anda ke otot. Makan makanan sehat adalah jawaban dalam hal ini. Untuk mendapatkan makanan riil Anda, cobalah untuk makan makanan perlahan-lahan. Artinya, jika Anda biasanya makan spaghetti atau nasi goreng dalam 5 menit, kemudian menyelesaikan makan tersebut dalam 20 menit atau lebih.

Mengapa memperlambat tempo makan di  anjurkan? Tubuh membutuhkan waktu 20 menit untuk memberitahu otak bahwa kita sudah kenyang. Dengan memperlambat proses makan, Anda akan merasa kenyang lebih cepat tanpa menunggu makanan yang Anda makan habis. Kita juga bisa menghindari makan berlebihan.

Tujuan pelaksanaan program diet, Anda tidak perlu mengurangi makanan sehat anda dengan  mengkonsumsi lebih sedikit lemak (lemak sehat). Lemak di maksu adalah  lemak yang berasal dari minyak zaitun extra virgin, hazelnut, almond, alpukat, jambu dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan tanpa mengorbankan makanan sehat Anda.

• Mengkomsumsi makanan sehat dengan jadwal  2-3 kali per hari, untuk  menjaga gula darah Anda seimbang.

• Jangan makan 2-3 jam sebelum tidur

• Makan perlahan dan menikmati setiap gigitan makanan Anda

• Ulangi setelah makan, seperti berjalan atau melakukan suatu kegiatan, hal itu dilakukan agar makanan sehat yang kita makan tidak terakumulasi dalam lemak

• Makan makanan yang sehat, lemak sehat dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak terlalu berlebihan

• Makan makanan nyata tidak diproses atau dikemas makanan.

Semoga artikel ini dapat berubah pada diet sehingga Anda dapat menurunkan berat badan dengan cepat tanpa merasa lapar persepsi dan pandangan

 

Share