pelangsing

metabolisme = mesin tubuh

Jika Anda bermasalah dengan Pencernaan, ada enam tips yang bisa Anda lakukan menjadi kebiasaan sebagia berikut:

1. Minum Air putih minimal 3 liter sehari

Tubuh kita membutuhkan air putih untuk memproses kalori. Dehidrasi, walaupun ringan dapat memperlambat metabolisme. Untuk menghindari dehidrasi, minumlah segelas air putih dingin (bukan air es) tanpa pemanis setiap akan makan utama, untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan minum air putih dingin dua gelas. Mengapa air dingin, karena minuman dingin mendorong tubuh untuk membakar kalori lebih banyak selama proses pencernaan.

2. Makanlah 6 kali sehari (lebih sering)

Makan yang dianjurkan adalah dengan porsi kecil, diantara makan besar, makanlah buah sebagai camilan, jangan lupa sarapan sangat penting untuk mempercepat metabolisme. Makan 3 kali sehari dengan porsi besar, sehingga jarak waktu di antara ketiga jadwal makan panjang, artinya Anda membuat metobolisme menjadi lamban.

3. Makanlah hidangan yang di beri bumbu

Makanan pedas atau berbumbu mengandung senyawa-senyawa kimia yang memacu metabolisme bergerak lebih cepat. Satu sendok makan cabai merah atau cabai hijau secara teratur memacu tingkat metabolik  sebanyak 23 persen lebih cepat.

4. Makan lebih banyak Protein dari pada Karbohidrat

Untuk mencerna protein tubuh membakar kalori 2 kali lipat lebih banyak di banding kalori yg di bakar untuk mencerna lemak ataupun karbohidrat. Protein yang dianjurkan antara lain; daging sapi tanpa gajih, ikan, daging ayam, kacang-kacangan, tumbuhan polong, telur, tofu,dan susu rendah lemak.

5. Minum Kopi tanpa gula

Kopi berfungsi untuk meningkatkan energi dan konsentrasi, jika rutin meminumnya pada pagi hari.Dan dalam jangka pendek juga dapat meningkatkan metabolik Anda.

6. Minum teh hitam atau teh hijau

Teh hitam atau teh hijau  yang mengandung kafein dan catechin, terbukti  meningkatkan metabolisme selama beberapa jam.

Share